Cara Membuat Garis Grid dan Gratikul Secara Manual


Haloo Sobat Jatilovers,

Bagaimana kabarnya? semoga masih sehat dan selalu dalam lindungan Allah. Sudah lama nih blog ini vakum, karena memang kesibukan dari penulis, maaf ya. Oke, untuk artikel pertama kali ini di tahun 2017 adalah mengenai cara membuat garis grid dan gratikul secara manual.

Mungkin bagi kebanyakan drafter (yang bikin peta), membuat peta di jaman sekarang ini  tidak sesusah membuat peta di 10-20 tahun ke belakang (katanya orang2). Yup, perkembangan teknologi lah yang membenarkan pernyataan itu. Perkembangan teknologi sangat berdampak pada berbagai bidang ilmu pengetahuan, salah satunya adalah ilmu pemetaan. Dulu jika kita membuat peta, kita biasa menggunakan 2 software, 1 untuk pengolahan data dan 1 lagi untuk layout.

Sekarang ini kita cukup menggunakan 1 software saja, contohnya saya menggunakan ArcGIS. Menurut saya software ini sangat powerful sekali, mulai dari pengolahan data sampai pembuatan layout (ini bukan iklan ya karena saya juga tidak dapat fee 😀 ). Nah, membuat grid dan gratikul ini termasuk dalam pembuatan layout. Membuat grid dan gratikul ini sebetulnya sudah bisa secara otomatis tinggal klik-klik template yang sudah ada di software. Tapi kadang template yang disediakan tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengguna, contohnya adalah peta Rupabumi Indonesia (Peta RBI) sehingga dimungkinkan kita membuat garis grid dan gratikul secara manual. Hasilnya nanti bukan di pengaturan layout tetapi di data view namun bisa dipakai ditampilkan di layout view.

Konsep Grid dan Gratikul

Saya akan berbagi ke sobat jatilovers sekalian, berikut adalah Cara Membuat Garis Grid dan Gratikul Secara Manual.  Semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian 🙂

Download disini

selain itu, jika penerapannya adalah untuk membuat peta Joint Border Mapping (JBM) RI-Malaysia adalah seperti ini. Apakah peta Joint Border Mapping (JBM) RI-Malaysia ? jawabnya nanti ya…

 

Jika ada keluhan/kritik/saran silakan menghubungi saya lewat facebook. Thanks..

 

Iklan
Categories: ilmu geomatika | Tag: , , , , , , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Cara Membuat Garis Grid dan Gratikul Secara Manual

  1. ihsan

    min, ada free software arcgis ga? susah nyarinya di internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: