9 Amalan Di Bulan Ramadhan


Sobat jatilovers, Dalam bulan ramadhan semua amalan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah, dibuka lebar-lebar pintu surga, dikunci rapat pintu neraka dan syetan dibelenggu.

Bisa diumpamakan orang yang menjalani bulan ramadhan ibarat pemain bola. Dimana lawannya kaki dan tangannya terbelenggu. Sungguh sangat bodoh sekali jika tidak bisa memasukkan bola ke gawang lawan padahal lawan semuanya dalam keadaan terbelenggu. Begitu juga kaum muslimin yang tidak memanfaatkan banyak kebaikan di bulan yang penuh rahmat ini. Sungguh alangkah bodohnya jika mereka tak terpengaruh dari sebulan mereka berpuasa, tidak ada tambahan kebaikan atau dosa yang tidak diampuni oleh-Nya, Padahal syetan terbelenggu dan tidak bisa menggoda manusia. Maka sudah sepantasnya kaum muslimin mengetahui amalan-amalan yang utama agar bulan yang penuh berkah ini tidak terlewatkan dengan sia-sia yang kemudian menuntun kepada gelar takwa. Ada 9 amalan utama dibulan ramadhan, yaitu:

1. Puasa

Rosulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda:

قال الله عز وجل كل عمل ابن آدم وقال سعيد كل حسنة ابن آدم له إلا الصيام هو لي وأنا أجزي به إنما يذر شهوته وطعامه وسروره من أجلي فالصيام لي وأنا أجزي به

Artinya: “setiap amalan anak adam adalah untuk dirinya, kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa untukku, dan akulah sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnya dan makannya karena Aku”. (H.R Bukhori dan muslim, lafadz milik muslim). Dalam kitab Al-Mustakhrij ala shahih muslim

2.  Al-Qiyam

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا واحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “barangsiapa yang menunaikan shalat malam di bulan ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan dimpuni dosa-dosanya yang telah lalu.” ( H.R. Bukhori, dalam kitab syu’abul iman: 27, bab thathawu’ qiyam ramadhan minal iman, dan riwayat muslim.)

Allah berfirman:

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا (63) وَالَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَامًا

Artinya: “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan, Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka”. (QS. Al-Furqan: 63-64).

3.  Shadaqah

Rosulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya: “shadaqah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan ramadhan”.  (HR. At-tirmidzi).

4.  Membaca Al-Qur’an

Rosulullah ketika ramadhan didatangkan malaikat jibril untuk menyima’ bacaannya.

5.  Duduk dimasjid sampai matahari terbit.

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan dari Anas, dari Rosulullah sallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda, “ siapa shalat shubuh dengan berjama’, lalu duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lalu shalat dua raka’at , maka baginya seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna.”

6.  I’tikaf

“Rosulullah senantiasa beri’tikaf pada  bulan ramadhan selama 10 hari, dan pada tahun akan wafatnya, beliau beri’tikaf semala 20 hari”.

I’tikaf merupakan ibadah yang berkumpul padanya bermacam-macam ketaatan; berupa tilawah, shalat, dzikir, do’a dan lainnya.

7.  Umrah

Telah diriwayatkan dari Nabi, beliau bersabda: “umrah pada bulan ramadhan menyerupai haji.” (muttafaq alaih)

8.  Menghidupkan lailatul qadr

Rosulullah bersabda: “dan siapa shalat pada lailatul qadar didasari iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (muttafaq alaih)

9.   Memperbanyak dzikir

Manfaatkanlah dengan memperbanyak dzikir dan do’a, khususnya pada waktu-waktu istijabah, diantaranya:

  • saat berbuka

  • Sepertiga malam akhir

-di waktu sahur

Categories: islam | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: