Google Perkenalkan Teknologi Pemetaan Baru


Jumpa lagi sobat jatilovers. Dalam Dunia Pemetaan, umumnya dikenal hanya peta 2 dimendi (2D) apalagi integrasi smartphone. Disni google telah memunculkan teknologi pemetaan  3 dimensi atau yang dikenal 3D.
Teknologi Pemetaan Terbaru untuk Menegaskan Google sebagai Pemimpin Pasar
Meskipun memiliki satu miliar pengguna, Google Maps baru-baru ini mulai ditinggalkan oleh beberapa pengembang utama dan mitra. Laporan menunjukkan Apple mungkin meninggalkan Google Maps minggu depan di konferensi pengembang tahunan.

Apple dimungkinkan akan mengumumkan aplikasi pemetaan sendiri untuk menggantikan Google Maps pada smartphone dan tablet. Untuk menetralkan setiap publikasi negatif, eksekutif Google mengadakan acara media pada Rabu di San Francisco untuk melihat fitur pemetaan baru.

Di antara yang menonjol adalah fitur 3D tambahan untuk Google Earth, sebuah perangkat portabel untuk mengambil “street view” foto panorama dan akses offline untuk Google Maps di ponsel Android.

“Ini labih jauh daripada hanya untuk menemukan jalan pulang,” kata Brian McClendon, wakil presiden engineering untuk Google Maps, seperti dilansir BBC, Kamis (7/6).

Pencitraan Google canggih dengan 3D ini memanfaatkan proses otomatis untuk menghasilkan model yang sangat rinci dari 45 derajat foto udara. Google telah benar-benar menugaskan armada pesawat untuk melakukan pekerjaan itu. Hasil akhirnya adalah zoomable, tiga dimensicityscapes, lengkap dengan pemandangan tingkat atas dan samping bangunan, jalan dan lanskap.

Pada hari Rabu, demonstrasi aplikasi terbaru mendemonstrasikan berupa pandangan Fly-over dari San Francisco’s Civic Center, City Hall, AT&T Ballpark dan pantai.

“Kami berusaha untuk menciptakan keajaiban di sini. Ini hampir seolah-olah Anda berada dalam helikopter pribadi dan melayang di atas kota,” kata Peter Birch, manajer program untuk Google Maps, yang membandingkan penawaran untuk “Superman wings.”

“Fitur ini akan tersedia pada Android dan perangkat IOS dalam hitungan minggu,” tambahnya.

Terkait dengan rumor keluarnya Apple dari kerja sama, Birch tidak mau berspekulasi dan menyebut Apple adalah mitra yang baik. Perlu diketahui, Google Maps dan sudah ada di perangkat Apple sejak 2008.

Pada akhir tahun ini Google berencana untuk membawa citra 3D baru untuk desktop.

Categories: Teknologi Pemetaan | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: